RAKOR PPID se KABUPATEN BANTUL

Rapat Koordinasi PPID yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2015 bertempat di Geung Induk Lt. III Komplek Parasamya Setda Kabupaten Bantul dan dihadiri oleh PPID Pembantu se Kabupaten Bantul dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bantul DR. Drs. Suyoto HS, Msi,MMA. Dalam pertemuan diadakan diskusi yang membahas tentang Informasi yang dikecualikan. Informasi Publik yang dikecualiakn sifatnya rahasia dan tidak dapat diakses oleh publik sesuai dengan kriteria yang diatur dalam Pasal 17 UU Keterbukaan Informasi Publik.
Dalam diskusi tersebut banyak PPID Pembantu di Kabupaten Bantul yang menyampaikan tentang adanya sebuah LSM yang meminta informasi yang dikecualikan. LSM menanyakan tentang pemenang tender , meminta dokumen pengadaan dan meminta kopi berkas.
Sarjiman Sekcam Kecamatan Kretek menyampaikan , bahwa di Kabupaten Bantul belum ada SK yang mencantumkan tentang klarifikasi informasi yang dikecualikan. Data kependudukan di Kecamatan termasuk informasi yang dikecualikan karena dapat mengungkap data pribadi yang bersifat rahasia. Ka PDT Bantul Sri Budoyo menjelaskan, selama informasi yang diminta masih dalam koridor wajib diberikan dan perlu juga kehatian-hatian apabila informasi yang diminta sudah masuk dalam ranah hukum, karena informasi yang diberikan punya dasar-dasar yang kuat.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bantul DR. Drs. Suyoto HS, MSi,MMA menyampaikan, PPID se Kabupaten Bantul beserta jajarannya perlu segera mencari tata kelola tentang informasi yang dikecualikan. Perlu kiranya diadakan studi banding tentang PPID untuk menambah pengetahuan. Mengundang atau menghadirkan nara sumber yang berkompeten tentang informasi yang dikecualikan. Perlu merumuskan butir-butir tentang informasi yang dikecualikan dan membuat draf tentang informasi yang dikecualikan.
Sebelum acara diakhiri diadakan Launching Taman Gabusan yang ada didalam Web Pemerintah Kabupaten Bantul ( www.bantulkab.go.id ) oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bantul DR. Drs. Suyoto HS, MSi,MMA. Dengan adanya Taman Gabusan dalam www.bantulkab.go.id diharapkan adanya partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan tentang siaran acara Taman Gabusan yang tayang setiap hari Selasa di Stasiun TVRI Yogykarta. Hal ini dimaksudkan agar Siaran Taman Gabusan lebih berkualitas dan berinovasi serta mampu memberikan informasi krpada seluruh masyarakat Bantul tentang hasil pembangunan, kebijakan dan peraturan maupun informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *