Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul

Kegiatan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Bantul dilaksanakan di KIM Marsudi Mulyo yang bertempat di Dusun Puluhan Kidul Desa Trimurti Kecamatan Srandakan Bantul. (22/2). Kegiatan ini merupakan upaya pemberdayaan KIM sebagai mitra diseminasi informasi publik Pemerintah Kabupaten Bantul. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Diskominfo Kabupaten Bantul beserta staf, Muspika Kecamatan Srandakan, Kepala Desa Trimurti, Kepala Padukuhan Puluhan dan warga anggota KIM Marsudi Mulyo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto, S.Sos, MM. dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada peserta sosialisasi dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kominfo menjelaskan, bahwa Dinas Kominfo Bantul merupakan dinas baru gabungan dari Kantor Pengelolaan Data dan Telematika, Bagian Humas dan Sub Bagian Santel pada Bagian Umum. Tugas Dinas Kominfo yaitu membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan bidang komunikasi dan informatika, persandian, data statistik.

Kelompok Informasi Masyarakat ini merupakan mitra dari Diskominfo dalam menyebarluaskan informasi publik, untuk itu peranan KIM sangat strategis sebagai media penyampai informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas, katanya.

Disisi lain Kepala Dinas Kominfo mengatakan, melihat peran KIM yang begitu efektif mendiseminasikan informasi publik, pemberdayaan KIM perlu segera dilakukan. Sumbangan-sumbangan berupa pemikiran pengembangan, sosialisasi dan teknis pelatihan anggota KIM patut diusulkan dalam program kegiatan Pemerintah Daerah.

Sementara itu Kepala BPJS Kabupaten Bantul Sutarji, SE. sebagai pembicara inti dalam paparannya mengatakan, menyambut baik kegiatan sosialisasi KIM ini, kelompok informasi masyarakat ini merupakan sarana efektif menyampaikan program Pemerintah atau pihak lain. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat lebih cepat tahu dan memahami alur pelayanan masyarakat seperti keikutsertaan dalam Badan Penjaminan Kesehatan Sosial (BPJS).

BPJS Kesehatan telah menjalankan mandat yang diberikan dalam upaya pemberian pelayanan kepada peserta dengan melakukan berbagai penyempurnaan mekanisme dalam memberikan pelayanan kesehatan, katanya.

Lebih lanjut Sutarji menjelaskan, mekanisme pemberian informasi oleh BPJS Kesehatan kepada pihak eksternal, dilakukan dengan berbagai cara antara lain melalui sosialisasi langsung kepada masyarakat dan peserta, media massa, spanduk, banner maupun booklet.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Komunikasi dan Informatika Diskominfo Bantul Ir . H. Priyo Haryanto, MMA., bidang yang membawahi KIM dan PPID dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada KIM Marsudi Mulyo yang telah ikut serta secara aktif menyebarluaskan kebijakan Pemerintah Daerah di lingkup padukuhan.

Di sisi yang lain Priyo Haryanto mengatakan, kekompakan dan jiwa gotong royong merupakan ruh atau inti kegiatan kelompok informasi masyarakat di manapun, melihat kiprah dan sepak terjang kelompok ini mengembangkan usaha dan pengembangan ekonomi kreatif begitu maju, KIM Marsudi Mulyo di bawah kepemimpinan Bapak Tri Sujaka, pantas untuk diperhatikan.

Lebih lanjut Priyo Haryanto menerangkan, saluran aspirasi publik di Dinas Kominfo Bantul meliputi SMS Center di nomor 081328848000, ide warga dan forum diskusi, buku tamu dan kolom komentar artikel di website www.bantulkab.go.id . Dan di bulan April 2017 nanti diperkenalkan aplikasi e-Lapor, dimana masyarakat dapat melaporkan kejadian atau peristiwa dan kerusakan fisik fasilitas umum melalui handphone (HP), katanya. (rch)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *