Kabupaten Bantul kembali menunjukkan kemampuannnya dalam lomba tingkat nasional. Peran Pemerintah Daerah dan partisipasi masyarakat dalam Millennium Development Goals (MDGs) atau Tujuan Pembangunan Milenium meraih beberapa prestasi. Prestasi yang diraih diantaranya Program Diversifikasi Pangan Lokal Dalam Rangka  mendapat Juara I Indonesia MDGs awards kategori Nutrisi.

Untuk program Bapak/Ibu Asuh DBD mendapat juara II kategori penyakit menular dengan sampel dusun Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan. Sedang Program Bank Sampah mendapat jura II kategori layanan air bersih dan sanitasi dengan sampel Gemah Ripah dusun Badegan, Trirenggo, Bantul.

Pemerintah Indonesia pada tahun 2015 mempunyai target menurunkan angka kematian ibu melahirkan, menurunkan penyebaran virus HIV/AIDS serta mengakses air bersih dan sanitasi dasar. Untuk mengejar target tersebut, pemerintah RI merancang strategi pencapaian dengan menggelar prorgam MDGs Award.

Penghargaan diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Nusa Dua, Bali, Selasa (25/3), sekaligus meresmikan pembukaan rangkaian Penghargaan MDGs (Tujuan Pembangunan Milenium) Indonesia atau Indonesia MDG Awards (IMA) 2012. Presiden Yudhoyono pada kesempatan itu akan didampingi oleh Utusan Khusus Presiden untuk MDGs, Nila F Moeloek.

Menurut keterangan dari Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDGs (KUKPRI MDGs), Indonesia MDG Awards (IMA) adalah sebuah forum tahunan sebagai apresiasi bagi para pelaku pembangunan berwawasan MDGs terbaik dari seluruh nusantara.

Perjalanan MDGs, menurut KUKPRI MDGs, telah memasuki tahun ke-13, dan dengan waktu dua tahun yang tersisa menjelang tahun 2015, upaya-upaya yang diarahkan untuk mempercepat pencapaian target-target MDGs merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar.

Secara bersamaan juga akan diserahkan penghargaan Indonesia MDG Awards 2012 untuk 17 daerah se-Indonesia, yakni Padalarang, Sukabumi, Bandung, Malang, Probolinggo, Sidorajo, Semarang, Sleman, Bantul, Umbulharjo, Klaten, Payakumbuh, Sawahlunto, Manado, Pangkalan Bun, Flores Timur dan Halmahera Selatan. Dari Sumbar dua kota yang memperoleh penghargaan yakni, Kota Payakumbuh dan Kota Sawahlunto.

Categories: Tak Berkategori

Leave a Reply

Your email address will not be published.