Foto Berita 2435Plt. Bupati Bantul Drs. Sigit Sapto Raharjo, MM. menjadi irup dalam Upacara Hari Pramuka ke- 54 di Lapangan Trirenggo Bantul Gerakan Paramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan pada tahun 1961 oleh Bung Karno ditujukan untuk dapat menjadi perekat bangsa. Namun Gerakan Pramuka yang kini berusia 54 tahun ini perlu diciptakan Gerakan Pramuka baru yang dapat mengikuti perkembangan kaum muda.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Bupati Bantul Drs. Sigit Sapto Raharjo, MM dalam sambutannya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-54 Tahun 2015 di Lapangan Trirenggo Bantul, Selasa (25/8).

Era Globalisasi dewasa ini, tambah Drs. Sigit, penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang utama. “Untuk itulah kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter dan bangsa yang mempunyai watak yang kuat, sehingga akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi serta sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri ini”, kata Pj. Bupati.

Hal tersebut tambahnya , tentunya akan sejalan dengan tema Hari Pramuka Tahun ini yaitu “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda”.

Upacara dikomandani oleh Indra Prasentyo dari Sakawira Kartika Bantul, sementara Pengucap Pancasila oleh Helmi Malik Ibrahim, pengucap Pembukaan UUD 1945 Muhammmad Sukron Abdullah, Pengucap Dasa Dharma Pramuka oleh Luthfi Ika Prabawani dan pengucap Dwi Dharma Nurul Syafa Azzahra.

Sementara upacara diiringi oleh Group Drum Band SMPN I Pandak, Paduan Suara oleh SMA N I Bantul dan Parade Gamelan oleh SMPN I Bantul.

Pada kesempatan tersebut dibagikan hadih lomba Kwartir Ranting Pramuka tergiat yaitu juara I Kwartir Ranting Banguntapan, juara II Kwartir Ranting Sanden dan Juara tergiat III Kwartir Ranting Pleret.

Disampaikan pula hadiah lomba pawai dan karnaval dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-70 Tahun 2015, diantaranya juara I lomba Pawai Putri tingkat SD adalah SD Unggulan Aisyiah Bantul, juara I Putra SD Grogol 04 Bambanglipuro. Untuk Tingkat SMP Putri Juara I SMPN I Bantul, Juara I Putra SMPN I Bantul. Untuk juara pawai tingkat SMA, sebagai juara I SMA/K Putri adalah SMA 3 Bantul, juara I SMA/K Pputra adalah SMK N I Sanden

Sedangkan Lomba Drumb Band juara I tingkat TK adalah TK Masyitoh 6 Daroman Piyungan, juara I tingkat SD adalah SD Muhammaddiyyah Jogodayoh Bantul dan juara I tingkat SMP adalah SMPN I Pandak.

Kejuaraan karnaval sebagai juara I kategori instansi adalah Dinas PU Bantul dengan slogan “Lingkungan bersih masyarakat sehat, rejeki lancar” dan kategori umum adalah Pantai Baru dengan slogan “Primadona Wisata Yogya”. (Sit)

Categories: Tak Berkategori

Leave a Reply

Your email address will not be published.