Dalam rangka menghadapi monitoring dan evaluasi badan publik oleh Komisi Informasi Daerah (KID) DIY , Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul mengundang Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bantul untuk memberikan pembinaan pengelolaan website dan PPID Rabu (17/6/2020). Pembinaan dilaksanakan di ruang rapat Dinas Kesehatan dan diikuti oleh perwakilan seluruh bidang dan sekretariat.

Dra. Ninik Istitarini, Apt, M. Ph Sekretaris Dinas Kesehatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa web Dinas Kesehatan selama ini kurang aktif terutama di tampilan PPID. Oleh karena itu diminta Diskominfo bisa memberikan pembinaan dan pengarahannya. Dalam kesempatan ini juga dihadirkan narasumber Dinas Perdagangan yang saat ini telah memperbaharui tampilan website untuk berbagi pengalaman.

Kepala Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan Sri Mulyani, SE selaku pengampu ketugasan PPID Utama menyampaikan bahwa website Dinas Kesehatan khususnya tampilan PPID belum aktif. Banyak yang harus dilengkapi, sesuai dengan Standar Layanan Informasi yang tercantum dalam Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010. Karena masih banyak yang harus dibenahi perlu dibentuk tim agar bisa terlaksana dengan cepat, mengingat penilaian uji akses badan publik akan dilaksanakan oleh KID mulai 3 Agustus 2020.

Sesi selanjutnya Novriyani, S. Pt, M. Ec. Dev. Kasubbag. Program Keuangan dan Aset Dinas Perdagangan diminta sharing pengalamamnya dalam memperbaharui dan melengkapi tampilan webnya sehingga lebih menarik. Diceritakan bahwa diawali oleh rasa malu karena mendapat nilai yang rendah dalam pemeringkatan keterbukaan informasi membuat  Dinas Perdagangan terpacu untuk memperbaiki diri. Dengan komitmen yang kuat dari pimpinan dan didukung seluruh jajarannya dalam waktu yang relatif cepat dapat terwujud tampilan baru yang lengkap. Pada intinya untuk pengelolaan website dan PPID harus dilakukan bersama-sama oleh sekretariat dan bidang agar informasi yang ditampilkan lengkap dan selalu update.

Categories: Kegiatan PPID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *