DLINGO, DISKOMINFO – “Di era keterbukaan informasi ini ada kewajiban pemerintah untuk memberikan informasi. Harus ada transparansi kepada masyarakat. Untuk itu mohon dukungan Dinas Kominfo untuk memfasilitasi akses internet cepat di Kecamatan Dlingo agar masyarakat mudah mengakses informasi yang dibutuhkan.” Demikian disampaikan oleh Camat Dlingo, Deni Ngajis Hartono, SSTP, MPA dalam acara Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Desa di Pendopo Kecamatan Dlingo, Rabu (13/3).

Dalam acara ini mengundang Lurah, Carik, BPD, TPP KK, Karang Taruna dan perwakilan Dukuh se-Kecamatan Dlingo. Menghadirkan narasumber dari Komisi Informasi Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta Drs. Martan Kiswoto, M.A dan Suharnanik Listiana, S. Sos.

Drs. Martan Kiswoto, MA dalam paparannya menjelaskan desa berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan mempunyai kewajiban menyampaikan 4 macam informasi yaitu :
1. Informasi berkala.
Diminta atau tidak diumumkan. Contoh profil, nama lembaga, alamat, tugas dan fungsi, program kerja.
2. Informasi serta merta, yaitu informasi yang harus disamakan. Kalau tidak disampaikan mengancam hajat hidup orang banyak. Sebagai contoh papan petunjuk, arah evakuasi dan titik kumpul.
3. Informasi tersedia setiap saat. Diberikan kalau ada yang meminta. Apabila dibutuhkan masyarakat bisa ditunjukkan. Contoh : Undang-Undang Desa.
4. Informasi yang dikecualikan/dirahasiakan. Menyangkut hak pribadi seseorang. Contoh : NIK dan surat wasiat.
“Setiap Badan Publik wajib melaksanakan keterbukaan informasi publik. Yang ditunjuk pejabat satu tingkat dibawah Lurah.” tegas Martan.
Tata cara memperoleh informasi harus mengisi formulir permohonan. Mengisi formulir itu penting agar tidak disalah gunakan.
Narasumber kedua menyampaikan bahwa yang harus disiapkan oleh desa ada empat.
1. SK Kepala Desa terkait PPID.
2. Mengklasifikasikan informasi, terbuka, dikecualikan.
3. Harus ada desk layanan informasi.
4. Harus menyiapkan anggarannya.

“Sosialisasi sudah dilaksanakan, minta tolong tahun ini PPID Desa segera diwujudkan, ” harap Nanik.

Categories: Kegiatan PPID

Leave a Reply

Your email address will not be published.