SEWON, DISKOMINFO – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Bantul menggelar pertemuan Forum Komunikasi  PPID Pembantu se-Kabupaten Bantul di Ruang Mrican, Tembi Rumah Budaya, Kamis (21/11). Pertemuan kali ini mengambil tema Evaluasi PPID Kabupaten Bantul. Evaluasi pelaksanaan pelayanan informasi publik di Kabupaten Bantul perlu dilaksanakan untuk menjadikan PPID Kabupaten Bantul semakin baik.

Mengacu pada poin-poin penilaian PPID Award yang lalu, PPID Pembantu diharapkan mampu melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada guna menyediakan pelayanan informasi publik yang baik bagi masyarakat. Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Komunikasi dan  Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul Sri Mulyani, SSTP, M. Eng, mengatakan jika PPID Pembantu  Kabupaten Bantul pada tahun ini mengalami peningkatan yang sangat pesat dari segi penyediaan informasi publik melalui konten website. “Untuk kategori OPD, penyediaan informasi melalui website mengalami peningkatan sebesar 173% sedangkan kategori Kecamatan mengalami peningkatan sangat signifikan, yakni 589%,” tambah Yani.

Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Suharnanik Listiana, S.Sos selaku narasumber pada pertemuan kali ini memberikan saran kepada PPID Kabupaten Bantul untuk memberikan pelayanan informasi publik secara optimal, adil dan tidak diskriminatif. “Pelayanan informasi publik kepada masyarakat harus dilakukan dengan santun, cermat dan sesuai prosedur menurut peraturan perundang-undangan” tegas Nanik.

Untuk penilaian pemeringkatan PPID siapa yang presentasi itu sangat menentukan, karena berkaitan dengan komitmen atasan. Inovasi yang ada yang berhubungan dengan Tupoksi agar ditampilkan, akan memberi nilai lebih. Perlu juga dibuatkan video atau animasi yang informatif dan komunikatif agar masyarakat mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan.(BvN)


Leave a Reply

Your email address will not be published.