Menyikapi dinamika pelaksanaan keterbukaan informasi publik yang terjadi pada, PPID Kabupaten Bantul hari ini, Rabu (24/8) menghadiri Forum PPID se-DIY yang diselenggarakan oleh PPID Kota Yogyakarta bertempat di Silol Kopi and Eatery, Kotabaru, Yogyakarta.

Agus Purwanta, S.K.M., Wakil Ketua KID DIY menyampaikan bahwa dari hasil survey Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) tahun 2021, Yogyakarta berada pada kategori Buruk. “Ada penurunan nilai yang sangat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga ini menjadi PR kita bersama,” pungkas Agus.

Selain itu, Agus juga menyayangkan PPID kabupaten/kota sudah sering mengadakan forum komunikasi se-DIY, tetapi belum mengadakan forkom dengan PPID Pelaksana dan PPID Kalurahan masing-masing, sehingga keterbukaan informasi masih belum tercapai sampai ke level paling dasar.

Menanggapi hal tersebut, Sri Mulyani, SE, Subkoordinator Kelompok Substansi Pemberdayaan dan Kemitraan mewakili PPID Kabupaten Bantul menyampaikan saat ini Kabupaten Bantul sedang fokus pada pembentukan PPID Kalurahan, dan saat ini sedang mengadakan bimtek untuk admin masing-masing Kalurahan.

“Kami di Kabupaten Bantul baru melaksanakan bimtek kepada admin kalurahan agar menambahkan menu khusus PPID pada website kalurahan/SID dan menampilkan informasi publik apa saja yang perlu diumumkan dan disediakan pada website sehingga kalurahan sebagai ujung tombak pemerintahan bisa mewujudkan keterbukaan informasi publik,” ujar Sri.


Leave a Reply

Your email address will not be published.