Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menerima kunjungan kerja dari Dinas Kominfo Santik Kabupaten Sumedang, Jum’at (10/6/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding terkait dengan Menejemen Data, Keterbukaan Informasi Publik serta Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul.

Rombongan sebanyak 12 orang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang Drs. Kemal Idris, MPS Sp, didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Saepul Amin, S. Ag,M.M, dan Kepala Bidang Statistik Yuyun Susiva Wahyuningsih, S.E. M.M. beserta jajaran. “Maksud kedatangan kami kesini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pengelolaan Pelayanan Informasi Publik, Keamanan Informasi dan Satu Data Indonesia (SDI). Harapannya apa yang sudah diterapkan di Kabupaten Bantul bisa menjadi referensi bagi Kabupaten Sumedang”, jelas Kemal.

Acara tersebut diterima oleh Kepala Bidang Tata Kelola e-Government, Aplikasi Informatika dan Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Bantul Sri Mulyani, S. STP, M. Eng. beserta segenap Subkoordinator. Khusus untuk pengelolaan pelayanan informasi publik beberapa hal yang ditanyakan terkait prosedur penyusunan Daftar Informasi Puplik (DIP), Daftar Informasi yang Dikecualikan (DIK) dan Penyusunan Surat Keputusan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Disampaikan oleh Subkoordinator Kelompok Substansi Pemberdayaan dan Kemitraan Sri Mulyani, S.E. yang mengampu pengelolaan PPID, bahwa penyusunan DIP dan DIK berdasarkan masukan dari PPID Pelaksana. DIK ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati yang setiap tahun diperbaharui, sedangkan DIK penetapannya harus melalui uji konsekuensi dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kominfo selaku PPID Utama. DIK tidak setiap tahun diperbaharui tapi menyesuaikan bila ada perubahan. (sri)

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.