Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bantul selaku koordinator dan fasilitator dalam pengelolaan website pemerintah daerah melakukan pendampingan pengelolaan website Organisasi Perangkat Daerah (OPD).  Dalam kurun waktu satu tahun berjalan banyak OPD yang mengalami pergantian pengelola/admin website, sehingga perlu dilatih agar website di Perangkat Daerah yang sudah dibangun sebelumnya dapat lebih dioptimalkan.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan permintaan dari OPD yang mengalami pergantian personil, karena masih masa pandemi Covid-19 belum memungkinkan untuk mengadakan pelatihan secara klasikal. OPD yang sudah mengajukan pendampingan yaitu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, yang telah dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Februari 2021. Selanjutnya Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian dilakukan pendampingan pada hari Selasa, 2 Maret 2021. Admin yang dilatih semua merupakan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru, sehingga banyak hal yang harus dijelaskan.

Admin baru dibimbing secara langsung oleh Kepala Seksi Pemberdayaan dan Kemitraan  Sri Mulyani, S.E, dan Tenaga Teknis Pengelola Website Beny Nuryantoro di Ruang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Dijelaskan bahwa Diskominfo akan terus memantau website yang ada di masing-masing OPD dari segi update konten, kelengkapan informasi dalam PPID hingga pembinaan personil yang ditugaskan sebagai pengelola website.  Pada kegiatan tersebut admin dilatih terkait pengaturan tampilan website, cara upload berita, dan kelengkapan tampilan  menu yang lain agar lebih informatif dan menarik.  Bagi OPD lain yang menginginkan pelatihan bagi admin baru dipersilakan menghubungi Dinas Kominfo untuk dilakukan pendampingan. (sri)


Leave a Reply

Your email address will not be published.