PPID Kabupaten Bantul kedatangan tamu dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas selaku PPID beserta rombongan PPID Pelaksana OPD se-Kabupaten Banyumas sejumlah 60 peserta diterima di Ruang Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Rabu (29/06).

Kepala Diskominfo Kabupaten Banyumas Drs. Yayah Setiyono, MM menyampaikan maksud tujuan PPID Kabupaten Banyumas berkunjung ke PPID Kabupaten Bantul antara lain ingin belajar pengelolaan informasi publik di Kabupaten Bantul, metode pendampingan kepada PPID Pelaksana serta metode pendampingan kepada PPID Kelurahan.

“Kami berterimakasih kepada PPID Kabupaten Bantul yang telah berkenan menerima kami. Harapannya ke depan kami bisa meniru metode-metode yang telah dilaksanakan di sini guna meningkatkan kualitas pengelolaan dan layanan informasi publik di Kabupaten Banyumas,” ucap Yayah.

Mewakili Kepala Dinas Kominfo Bantul, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Arif Darmawan, SSTP menyambut baik kunjungan kerja yang dilakukan oleh PPID Kabupaten Banyumas ke Bantul. Ia menyampaikan bila Kabupaten Bantul melalui Dinas Kominfo telah membuat sebuah inovasi pelayanan publik dan pelayanan informasi publik yang dituangkan ke dalam sebuah aplikasi, yaitu Bantulpedia.

“Bantulpedia merupakan portal aplikasi yang terhubung ke semua jenis layanan publik baik itu kependudukan, pendidikan, kesehatan maupun pelayanan informasi publik. Setiap warga Bantul bisa mengakses semua layanan hanya dengan satu aplikasi, Bantulpedia,” jelas Arif.

Selanjutnya, secara teknis dijelaskan oleh Subkoordinator Kelompok Substansi Kemitraan dan Pemberdayaan Sri Mulyani, SE bahwa pengelolaan informasi publik PPID Kabupaten Bantul sudah terorganisir dengan baik dengan PPID Pelaksana. Website merupakan senjata utama penyajian informasi publik kepada masyarakat, didukung oleh media sosial. Untuk metode pendampingan dilakukan dengan cara jemput bola kepada OPD / PPID Pelaksana yang mengalami kesulitan dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik.

“Kami sudah membuat grup untuk memudahkan komunikasi antara PPID Kabupaten dan PPID Pelaksana. Jika ada kesulitan, kami siap datang melakukan pendampingan. Website juga sudah dibangun oleh Kominfo, OPD hanya tinggal mengisi dan juga kami dampingi,” jelas Sri.

Kemudian untuk PPID Kelurahan, segala substansi yang diperlukan telah disiapkan oleh Dinas Kominfo seperti Draf SK PPID Kalurahan, Draf Perkal tentang PPID, Sistem Informasi Desa (SID) hingga internet untuk setiap kelurahan.

Categories: Kegiatan PPID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *