KULON PROGO, DISKOMINFO – Forum Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-DIY kembali menggelar pertemuan di Obyek Wisata Mangrove Pasir Kadilangu, Temon, Kulon Progo Senin (21/10). Dalam kesempatan ini PPID Utama Kulon Progo selaku tuan rumah.  Acara diikuti oleh PPID Utama Kabupaten/Kota dan dihadiri oleh Jajaran Komisioner Komisi Informasi Daerah (KID) DIY antara lain Ketua Hazwan Iskandar Jaya, SP, Wakil Ketua Warsono, SH,MH, dan Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Suharnanik Listiana, S. Sos.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo Drs. Rudiyatno, MM menyampaikan sambutan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada KID atas bimbingan, pendampingan dan kerjasama yang sangat baik selama ini berhubung ketugasan Komisioner yang sudah berakhir.

Dalam kesempatan ini Hazwan Iskandar Jaya, SP, Ketua KID DIY menyampaikan bahwa Masa Jabatan Komisioner telah berakhir pada tahun ini. “Ternyata waktu empat tahun terlalu singkat.  Apa yang sudah dicapai saat ini jangan dilihat ujungnya, tapi kita pelajari prosesnya. Kedepan PPID mestinya lebih baik lagi, akan ada aturan baru terkait keterbukaan informasi. Perubahan kelembagaan merupakan keniscayaan. Kita tidak boleh anti perubahan, karena dengan perubahan akan membuat kita lebih dinamis, punya daya kreasi dan inovasi. Mungkin akan ada hal-hal dan pemikiran baru yang bisa disinergikan  antara KID dengan PPID Kabupaten/Kota.,” pesan Hazwan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa PPID sebaiknya memiliki sertifikasi, sehingga perlu adanya kompetensi yang harus dirumuskan bersama oleh seluruh PPID di kabupaten/kota, dan DIY. Minimal unit kompetensi yang harus dikuasai adalah memahami bagaimana manajemen pengelolaan informasi, manajemen pengelolaan dokumentasi, dan penyelesaian sengketa informasi. Dengan kompetensi itu, PPID bisa mempunyai daya tawar kepada pemerintah daerah sehingga posisinya bisa diakui karena memiliki kebermanfaatan yang nyata dalam melayani masyarakat.

Setelah pengarahan dari KID DIY dilanjutkan dengan laporan kegiatan masing-masing PPID Pembantu. Semua PPID Pembantu Kabupaten/Kota memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada PPID Kabupaten Kulon Progo yang telah berhasil memborong penghargaan dalam penilaian PPID tahun ini. Adapun prestasi yang telah diraih yaitu Terbaik I Kategori PPID Utama, Terbaik I Kategori PPID OPD dan Kategori Kecamatan Terbaik II Kecamatan Nanggulan, Terbaik III Kecamatan Pengasih.(sri)


Leave a Reply

Your email address will not be published.